Pelepasan Siswa-Siswi SMAN 1 Tanjung Berlangsung Meriah


gendang beleq, salah satu suguhan SMAN 1 Tanjung

Tanjung, KLU - (23/04/2010). Siswa-siswi SMAN 1 Tanjung sedang bergembira. Setelah selama satu minggu merasakan penat akibat ujian akhir nasional, kini saatnya mereka menghibur diri. Suasana berbeda dapat dirasakan ketika memasuki pintu gerbang sekolah, para tamu undangan disambut dengan kesenian Gendang Beleq yang dimainkan oleh siswa SMAN 1 Tanjung. Gendang Beleq ini merupakan salah satu bentuk ekstra kurikuler yang dimiliki SMAN 1 Tanjung. Tampak para siswa begitu piawai memainkan alat musik tradisional. Selain itu beberapa siswa-siswi tampak menggunakan pakaian adat sasak untuk menyambut para undangan yang datang. Undangan yang hadir saat itu Kepala Desa Sokong, Ketua Komite Sekolah, dan Kepala Dinas Dikbudpora. Para undangan nantinya juga akan dihibur oleh penampilan teater kambar SMANTAN yang berjudul perempuan dalam kereta jeruji dan beberapa kesenian yang lain.


para tamu undangan tampak serius mengikuti proses acara

Berdasarkan laporan panitian yang disampaikan oleh Bapak Arjane, acara pelepasan ini menelan biaya 12 juta rupiah. Dana ini berasal dari sumbangan siswa-siswi dan iuran komite sekolah. Untuk tahun ini ada sekitar 233 siswa-siswi yang dilepas, 119 berasal dari IPA dan 114 berasal dari IPS.

Para siswa siswi yang hadir terlihat gembira meskipun dalam benak mereka masih tersimpan kekhawatiran yang besar karena menunggu pengumuman kelulusan. Mereka berharap agar semua sisa-siswi kelas tiga dapat lulus dan dapat bersama-sama membangun KLU yang tercinta ini ungkap mantan ketua Osis SMAN 1 Tanjung mewakili suara hati siswa siswi yang lain. Disaat sambutannya kepala sekolah Sinar Nuryadi, SPd, mengungkapkan “ada tiga syarat kelulusan yang harus dipenuhi oleh siswa siswi yaitu lulus UAN, ujian sekolah dan lulus ujian praktek. Namun ada beberapa siswa-siswi yang mengabaikan syarat yang ketiga karena mereka merasa hal itu tidak terlalu penting”. Banyak usaha yang dilakukan para guru agar para siswa-siswinya dapat lulus dengan nilai terbaik. Salah satunya memberikan les selain itu para guru SMAN 1 Tanjung sempat kucing kucingan dengan siswa-siswi yang belum memenuhi syarat kelulusan. Bahkan para guru mendatangi rumah mereka untuk mengingatkan dan mengajak siswa-siswi untuk melaksanakan ujian praktek. Pihak sekolah belum dapat memastikan berapa jumlah siswa-siswi yang lulus karena belum ada kabar dari pusat. Menurut rencana tanggal 26 April 2009 akan dilaksanakan pengumuman kelulusan, diharapkan tidak ada corat-coret serta konvoi karena masih banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk merayakan kelulusan. (enon15/i2KLU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar