Gubernur NTB Datangi Kelompok Transplantasi Terumbu Karang


Gubernur saat foto bersama dengan kelompok Bahari Lestari

Tanjung, KLU - (14/04/2010). Tepat pukul 04.15 Wita Gubernur TGH. M. Zainul Majdi datang ke lokasi transplantasi terumbu karang. Kedangan Gubernur bersama Bupati dan beberapa instansi terkait saat itu disambut meriah oleh beberapa tokoh masyarakat serta masyarakat Jambianom. Setibanya disana Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi langsung menuju lokasi transplantasi terumbu karang dengan menggunakan perahu nelayan setempat.

Masyarakat Jambianom yang tergabung dalam kelompok Bahari Lestari yaitu kelompok yang bergerak di bidang transplantasi terumbu karang memiliki misi untuk menyelamatkan laut indonesia khususnya Lombok Utara dari kerusakan yang diakibatkan oleh alam itu sendiri maupun oleh manusia karena terhitung sudah 25% dari 100% terumbu karang mengalami kerusakan.

Kelompok Bahari Lestari yang berdiri sejak bulan April 2007 pertama kali mendapat bantuan dari donatur Jakarta yaitu ibu Hj. Kristiana, beliau memberi sekitar 40 meja untuk dijadikan media tanam. Kemudian bantuan ditindaklanjuti oleh Dinas terkait sehingga pada tanggal 18 April 2007 para anggota kelompok telah mampu melakukan pembibitan sebanyak 1800 dan hingga saat ini fasilitas yang ada sekitar 256 unit yang terdiri dari rak meja beton, ritbal dan media bintang sedangkan bibit karang berjumlah 12330 bibit. Selain investor lokal juga terdapat investor yang berasal dari Australia yang pada tahun lalu di bulan agustus telah datang berkunjung sebanyak 20 orang dan menurut rencana investor asal Australia akan kembali datang pada 1 Juli tahun 2010 yang berjumlah 30 orang ungkap ketua kelompok Bahari Lestari. Ketua kelompok Bahari Lestari juga mengatakan akan menyebarkan brosur ke daerah-daerah pariwisata yang ada di Lombok khususnya daerah Senggigi dan Gili agar wisata terumbu karang dapat dinikmati oleh wisatawan lokal dan mancanegara sehingga kedepannya menambah pemasukan bagi kelompok Bahari Lestari.

Saat kunjungan hari itu Gubernur NTB mengharapkan agar masyarakat Jambianom dapat menunjukkan hasil kinerjanya tidak hanya menyampaikan keluhan kepada pemerintah, Gubernur juga menyampaikan bahwa pada saat ini NTB sedang menggalakkan program “NTB Hijau” yakni pola pengembangan pembangunan yang berbasis pelestarian lingkungan yang berkelanjutan, Jambianom sebagai salah satu wujud kepedulian masyarakat terhadap kondisi laut mendapat acungan jempol bapak Gubernur. Gubernur juga secara langsung memberikan bantuan senilai 10 Juta rupiah kepada kelompok Bahari Lestari dan 15 Juta rupiah kepada masyarakat Jambianom untuk pembangunan masjid Jambianom. (enon15/i2klu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar