Maulid Akbar dan MTQ ke-I digelar secara bersamaan


Pembacaan Kalam ilahi oleh Al-Ustadz Saparuddin S.Pdi

Tanjung KLU - Tanjung bergema masyarakat gembira menyambut pelaksaaan MTQ dan Maulid Akbar. Kabupaten Lombok Utara yang usianya masih belia kini membuktikan kemandiriannya dengan melaksanakan MTQ yang Ke-I. 06/03/2010 atau tepatnya sabtu malam dipilih sebagai hari yang tepat untuk melaksanakan pembukaan MTQ serta Maulid Akbar.

Peringatan Maulid akbar 20 Rabiul Awal 1431 H disambut meriah oleh Masyarakat Kabupaten Lombok Utara, ini terlihat dari antusiasme warga yang berbondong-bondong datang ke lapangan Supersemar Tanjung bahkan sebelum acara dimulai mereka telah menempati lapangan yang terlihat seperti hamparan karpet hijau yang terbentang seakan menunggu para penonton untuk datang.

Pembukaan MTQ ini dihadiri oleh seluruh SKPD TK-I, Pejabat Pemerintah KLU, Anggota Dewan dan Tamu undangan lainya, selain itu juga di hadiri oleh peserta MTQ dari 5 Kecamatan. Pembukaan MTQ ini di awali oleh penampilan Cilokak yang berasal dari Karang Bedil Desa Gondang. Cilokak ini mampu menghibur para penonton yang sejak tadi menunggu acara dimulai.

Tepat pukul 21.00 Wita Bapak Gubernur NTB datang yang kemudian acara bisa dimulai. Pembacaan kalam ilahi oleh Al-Ustadz Saparudin S.Pdi mengawali pembukaan acara, para penonton menyimak dengan seksama lantunan ayat-ayat Al-Qu’ran yang dibacakan oleh pemenang MTQ tingkat internasional di India pada tahun 2001 lalu.


Pelatikan Dewan Hakam oleh Bupati KLU, Bapak Ridwan Hidayat

Pada malam itu juga dilantik Dewan Hakam yang nantinya menjadi dewan juri dalam perlombaan MTQ. Dalam laporan panitia dikatakan ada sebanyak 147 orang peserta yang berlomba dari 5 Kecamatan. Masing-masing peserta akan berlomba di berbagai cabang yang dilombakan.

Peserta yang ikut tidak dibatasi, mulai dari anak-anak sampai dewasa dari orang normal sampai yang tuna netra. Dana yang digunakan untuk MTQ dan Maulid Akbar ini bersumber dari dana APBD dan dari masyarakat secara sukarela. Tempat dilaksanakannya MTQ tidak hanya di satu tempat namun di beberapa Masjid dan Sekolah sehingga MTQ yang berjalan selama 5 hari mulai dari tanggal 6 Maret hingga 11 Maret bisa sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Lapangan Supersemar Tanjung sebagai arena utama, Masjid Nurul Iman Tanaq Song, Masjid Besar Baiturrahim Tanjung dan SMPN 1 Tanjung yang dipilih panitia sebagai tempat berlangsungnya MTQ. Para peserta yang datang telah disiapkan penginapan oleh panitia.

Dalam pidato sambutan Bupati KLU malam itu Bapak Ridwan berkesempatan menjelaskan berbagai rencana kerja kedepan diantaranya ditetapkannya kembali 6 hari kerja untuk seluruh PNS karena 5 hari kerja dirasa kurang efektif, selain itu beliau juga menjelaskan tentang akan diadakannya Imtaq bagi PNS agar modal keimanan semakin tertanam.

Selain itu juga dijelaskan mengenai potensi pariwisata di berbagai daerah misalnya Gunung Rinjani yang telah menarik banyak wisatawan, Wisata Blue Coral yang berada di beberapa pantai di KLU yang juga merupakan kebanggaan masyarakat KLU, selain itu terdapat Program Adasan untuk ternak sapi mengingat NTB sebagai bumi sejuta sapi dan beberapa program lain yang akan di jalankan dalam waktu dekat. (enon15/i2klu)

1 komentar:

Mohamad Athar, S.Ag, MA mengatakan...

Selamat deh KLU, semoga jaya selalu.

Posting Komentar