Arak-arakan Sunatan Masal




Tanjung, KLU - Kegiatan sunatan masal kini marak dilakukan oleh beberapa penduduk Desa di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Anak laki-laki yang telah dikhitan di arak keliling tentunya beberapa hari setelah bekas luka mereka mengering. Mereka didandani layaknya seorang pangeran, kegiatan arak arakan ini dimulai dari lapangan Supersemar Tanjung dan berakhir di lapangan Supersemar Tanjung pula.

Kegiatan arak-arakan sunatan masal ini terjadi dua kali dalam satu minggu di bulan Februari yaitu tanggal 22/2/2010 oleh Desa Batu Ampar dan Lading-Lading dan Tanggal 27/2/2010 oleh Desa Montong.

Iwan, SIP, MIP salah satu tokoh remaja Desa Lading-Lading ketika ditemui pada saat acara berlangsung memberikan beberapa keterangan mengenai sumber dana, bahwa dana yang digunakan sebagian besar dari swadaya masyarakat, selebihnya dari beberapa donatur.

Kegiatan sunatan masal ini dilakukan selain untuk mengurangi biaya juga memberikan daya tarik bagi wisatawan karena tidak hanya di ikuti oleh peserta khitan tapi juga diiringi oleh Tawaq-tawaq yang merupakan kesenian Asli Lombok.

Masyarakat yang menyaksikan iring-iringan begitu antusias melihat tingkah polah anak-anak yang diusung menggunakan tandu. Ada diantara mereka yang kelelahan bahkan ada yang menangis karena takut dan mual setelah di goyang di atas jaranan. (enon15/i2klu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar