Peresean Menjadi Salah Satu Objek Wisata.


TANJUNG-Jika anda ingin berakhir pekan di Tanjung, Pantai Karang Atas dapat menjadi salah satu alternatif, selain pantainya yang indah, setiap minggu sore kita dapat menyaksikan peresean
Peresean adalah sebuah upacara tarian kuno yang bersenjatakan rotan (penjalin), para petarung (pepadu) saling pukul (saling empuq kadu penjalin) dan menangkis sabetan lawannya dengan sebuah tameng ( ende) yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau . Jika dahulu peresean merupakan serangkain upacara adat untuk mendatangkan hujan namun saat ini peresean diperuntukkan guna menarik minat wisman dan lokal. Oleh sebab itu setiap minggu sore, pantai ini selalu ramai oleh pengunjung, dengan hanya membayar parkir Rp.1000 dan tiket masuk Rp. 4000 per-orang anda sudah dapat menikmati kegiatan ini.
karena banyaknya pengunjung yang sangat antusias untuk datang menyaksikan para pepadu yang bertarung, sebagian masyarakat memanfaatkannya untuk mencari nafkah dengan menjajakan dagangannya seperti pelecing ,urapurap dan opakopak yang merupakan panganan khas sasak . karena itu anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal, jadi anda jangan bingung mencari tempat untuk weekend, datang saja ke Tanjung dan nikmati suguhannya. (enon15/i2KLU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar