UMAT HINDU LOMBOK UTARA SAMBUT NYEPI CAKA 1935 DENGAN PAWAI OGOH-OGOH


Pawai ogoh-ogoh di Tanjung

Salah satu bentuk ogoh-ogoh yang diarak warga

Tanjung (13 maret 2013) – Hari raya Nyepi adalah hari yang bagi umat hindu dirayakan sebagai hari pergantian tahun baru Caka. Tahun ini hari raya nyepi Caka 1935 jatuh pada tanggal 11 Maret 2013 sesuai penanggalan masehi. 
Perayaan hari raya nyepi di Lombok Utara diawali dengan pawai ogoh-ogoh, kegiatan ini berpusat di Desa Tanjung, dimana ogoh-ogoh diarak dari lapangan Supersemar Tanjung sampai ke Pure Dalem Tanjung (tempat persembahyangan umat hindu di Tanjung) untuk selanjutnya dibakar. Menurut keyakinan umat hindu Ogoh-ogoh ini sendiri adalah patung yang melambangkan setan dan sejenisnya.
Salah seorang peserta pawai Gusti Ayu mengatakan “pawai ogoh-ogoh ini dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut hari raya nyepi, ritual ogoh-ogoh ini dilakukan untuk mengusir setan, ditandai dengan dibakarnya ogoh-ogoh tersebut. Semua rangkaian kegiatan ini nanti sampai malam hari yang merupakan kegiatan pensucian yang kemudian dilanjutkan dengan Nyepi”.
Nyepi ini sendiri adalah ritual dimana umat hindu dilarang menyalakan api, bekerja, bersenang-senang, berpergian, bahkan ada yang berpuasa sehari penuh dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi keesok harinya. “Itu semua dilakukan untuk meredam sifat buruk dalam diri manusia” terang Gusti Ayu(i2klu).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar