MUSIM HUJAN TIBA, PETANI MULAI MENANAM PADI




Tanjung (25 Februari 2013) Musim penghujan sudah mulai datang, itu tandanya para petani akan mulai menggarap sawah mereka untuk ditanami kembali dengan tanaman yang memang membutuhkan banyak air untuk dapat tumbuh subur. Adalah tanaman padi yang menjadi tanaman pokok yang merupakan tanam sumber makanan utama bagi manusia.

Proses tanam padi pada musim tanam kali ini sudah mulai terlihat di Kecamatan Tanjung. Sejumlah petani dan buruh tani yang memadati deretan persawahan di sepanjang jalan raya Tanjung - Gondang tepatnya di Desa Montong, mereka sudah mulai menaburkan benih tanaman padinya. Hal ini memperlihatkan bahwa musim tanam padi memang sudah benar-benar datang.

Tanaman padi sendiri sangat membutuhkan banyak air untuk kesuburannya, oleh sebab itu ketika musim penghujan mulai datang, lahan persawahan akan memiliki kandungan air yang cukup bahkan sumber-sumber pengairan untuk ketersediaan air selanjutnya sudah tersedia, maka pada waktu itulah tanaman padi akan tumbuh baik dan tidak kekurangan air.

Namun karena musim penghujan tahun ini datangnya terlambat, terkait hal ini beberapa petani mengeluhkan musim tanam padi periode ini mundur beberapa bulan, “semua mundur musim tanam, karena musim hujan datang terlambat jadi mulai menanamnya juga terlambat” kata salah seorang buruh tani yang kami temui. Namun harapan bagi para petani dan semua masyarakat yang membutuhkan hasil tanam mereka, semoga masa tanam kali ini lancar dan tanaman padi terlindung dari hama dan penyakit sehingga panen nanti akan maksimal, mengingat cuaca musim ini cukup ekstrim(i2klu).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar