Hasil Sementara Pemilukada pertama KLU dimenangkan oleh JONA


Tanjung, KLU - (12/06/10). Setelah melakukan pemilukada pada tanggal 7 Juni 2010 hasil sementara menunjukkan pasangan H. Djohan Syamsu, SH dan H. Najmul Akhyar, SH, MH atau yang biasa disebut JONA, menduduki posisi teratas perhitungan sementara di KPU KLU.

Hasil sementara penghitungan suara menunjukkan pasangan Nomor Urut 2. JONA mendapatkan 45,16% suara, Pasangan Nomor 3. Drs Subartono-Raden
Nurjati (SUBUR) dengan 37,85% suara, pasangan Nomor Urut 4. Ahmad Rifai-Sarifudin, SH dengan 11,34 % suara dan pasangan nomor 1. Jasman Hadi-M. Katur (JAKA) dengan 5,65% suara. Sesuai UU No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Merujuk Pada Data Sementara Penghitungan Suara, pasangan JONA dapat disebut sebagai pemenang Pemilukada KLU. Menurut UU tersebut jika terdapat pasangan calon yang memperoleh suara sah 50% maka ia ditetapkan sebagai calon terpilih. Apabila tidak terdapat pasangan calon yang memperoleh suara 50% maka pasangan calon yang memiliki suara 30% lebih yang berhak menjadi calon terpilih. Apabila terdapat dua pasang calon yang memiliki suara lebih dari 30 % maka penentuan calon terpilih berdasarkan wilayah perolehan suara yang terluas. Sedangkan jika tidak terdapat pasangan yang memperoleh 30 % suara maka akan dilakukan putaran kedua yang diikuti oleh pasangan pertama dan kedua.

Ketua KPU Lobar, Suhaimi Samsuri, SAg, MSi menanggapi hasil sementara menyatakan bahwa hasil ini belum final. “Masih ada tahapan selanjutnya dalam penetapan pemenang Pemilukada KLU yaitu pleno penetapan tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada hari sabtu 12 Juni 2010,” ujarnya.

Jika ada beberapa pihak yang memiliki data pemenangan sementara hal ini mengacu pada salinan formulir C1 yang diedarkan oleh KPU. “Data sementara yang ada saat ini kemungkinan besar tidak akan banyak bergeser ketika pleno penetapan,” tegasnya.
Kabid Teknis KPU Lombok Utara, Radiun Putra, menjelaskan bahwa pasangan JONA menang di 19 desa dari 33 desa di KLU. Sedangkan pasangan SUBUR menang di 12 desa, dan 2 pasangan lainnya masing-masing di satu desa. Jika berdasarkan pada kecamatan pasangan JONA unggul di 3 kecamatan yaitu Pemenang, Tanjung dan Gangga sedangkan dua kecamatan lainnya Kayangan dan Bayan didominasi pasangan SUBUR. (i2klu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar