SMP Negeri 3 Tanjung Bekerjasama Dengan Dinas Kesehatan dan kepolisian Menggelar Penyuluhan Kesehatan dan Berlalu lintas Kepada Siswa




Sokong, KLU – (21/09/2011) Untuk meningkatkan wawasan siswa tentu tidak cukup dengan hanya mengandalkan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru secara rutinitas. Untuk itu diperlukan kereatifitas sekolah untuk mangatasi hal tersebut. Yakni dengan mengundang atau bekerjasama dengan pihak luar atau instasi yang sekiranya dapat meningkatkan semagat belajar siswa dan terutama sekali menambah wawasan siswa tentang berbagai hal di luar materi yang memang secara rutinitas di pelajarinya.

Baru-baru ini. Rabu, 21 September 2011. SMP Negeri 3 Tanjung mengadakan kegiatan penyuluhan bagi siswa. Tentang pola hidup sehat dan beberapa hal tentang penyakit tidak menular. Tidak hanya penyuluhan tentang kesehatan saja tetapi juga tentang keamanan dalam berlalu lintas. Untuk kegiatan ini pihak SMPN 3 Tanjung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kepolisian. Peri bahasa mengatakan “seperti gayung bersambut”, artinya kegiatan ini memang merupakan kegiatan yang telah lama diprogramkan oleh SMPN 3 Tanjung melalui PMR dan OSIS dan ternyata program yang sama juga telah diprogramkan oleh kedua dinas tersebut. Maka tentunya semua berjalan lancar dan sesuai rencana.

Pembina PMR, I Made dody Ardika, SP. Mengatakan bahwa sejak lama program ini di rencanakan. Hanya saja selalu ada kendala karena banyaknya kegiatan dan program-program sekolah yang cukup padat sehingga mengalami penundaan, tapi syukurlah pada akhirnya kegiatan ini dapat dilaksanakan bahkan sangat kebetulan bahwa instasi yang akan dihubungi justru yang datang ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan ini dikarenakan pihak mereka juga memiliki program yang sama. Imam Safwan,SPd.dan Sahdi,SPd Selaku Pembina OSIS SMPN 3 Tanjung membenarkan hal tersebut bahwa dari OSIS pun juga memprogramkan hal yang sama karena penyuluhan tentang hidup sehat dan keamanan dalam berlalu lintas sangat penting dan bahkan sangat mendesak untuk dapat segera disampaikan kepada siswa hingga pada akhirnya nanti mereka memiliki pengetahuan dan wawasan tentang kedua meteri tersebut.

Kegiatan penyuluhan ini dibuka oleh kepala SMPN 3 Tanjung yaitu bapak Sudiarta SPd. Didapingi oleh waka humas yaitu bapak Mursid,SPd. Ketika membuka acara kepala sekolah tidak henti-hentinya meminta kepada siswa untuk mendengarkan dan menyimak dengan baik penyuluhan yang disampaikan oleh kedua penyaji yaitu bapak Zulpahrudin, M.Ph. dari dinas Kesehatan serta bapak Parti, S.Pd dari kepolisian. Kepala sekolah berharap supaya kegitan ini akan menambah pengetahuan dan wawasan siswa serta siswa yang mengikuti kegiatan penyuluhan ini akan menyampaikan segala yang didapatkannya kepada teman-temannya yang tidak mengikuti kegiatan. Selain meminta kepada siswa untuk serius dalam mengikuti kegiatan kepala sekolah juga berharap kepada kedua penyaji untuk sering-sering melakukan kegiatan semancam ini.

Kegiatan penyuluhan tentang kesehatan dan berlalu lintas ini diikuti oleh sekitar 40 siswa. Mereka merupakan siswa yang terlibat di OSIS dan PMR. Antusias peserta dapat terlihat dari banyaknya siswa yang bertanya, bahkan sampai pada menit-menit terakhirpun mereka masih bertanya. Ketua OSIS SMPN 3 Tanjung (Titin Febrianti) mengatakan bahwa ia sangat senang mendapatkan penyuluhan ini karena banyak memberikan pengetahuan dan wawasan mulai dari bagaimana hidup sehat,bahaya rokok, bahaya borak yang dijadikan pengawet pada makanan dan bayak lagi yang lainnya. Berbeda dengan Riki ia malah tertarik dengan fakta tentang kecelakaan berlalulintas dan penyebabnya ,juga tentang pasal-pasal yang dikenakan kepada orang yang melanggar peraturan.

Ketika ditemui pada saat acara selesai bapak Zulpahrudin, M.Ph. dan bapak Parti, SPd selaku pemateri dalam acara itu mengungkapkan bahwa pemerintah memang sengaja memprogramkan hal ini karena sangat penting sekali kita menanamkan sejak dini kepada masyarakat bagaimana pola hidup sehat dan bagaimana berlalu lintas.
Kegiatan berakhir pada pukul 13.00.Wita. semua peserta sangat senang dan berharap kegiatan - kegiatan penyuluhan akan terus diprogramkan. (i2KLU)

2 komentar:

Difa mengatakan...

Asslam'alaikum.. Ana sangat'' bersyukur karna terlepas dari jeratan pemerintahan MATARAM, Ana pribadi gk stju ntk trus ikut gabung ama MATARAM, krn Aset'' datang n mengalir dri D.G ( Dayan Gunug ) tp skrg Ana syukur sneng bnget py KLU
hidup KLU... maju teruuussss pantang mundur Jaya n Sejahtra untk slma nya Amiin..

tresna jaya mengatakan...

mmmmmm bagusss tuhh postingnya pak ntar kapan2 ajarin yyyy

Poskan Komentar