GERAKAN BERSEPEDA MEWARNAI MINGGU PAGI DI KLU



Tanjung, KLU – (18/09/2011) Dalam kondisi percepatan dan maraknya dunia games yang merasuki kejiwaan remaja ini ternyata ada juga para remaja dalam beberapa pekan ini selalu mengadakan kegiatan bersepeda. Kegiatan ini mereka laksanakan setiap hari minggu pagi, berkumpul di lapangan supersemar Tanjung. Ketika dikonfirmasi salah satu penggerak yaitu I Made Dody Ardika, SP. Seorang tenaga pengajar di SMPN 3 Tanjung.” Sebernarnya gerakan ini awalnya adalah sebentuk sepontanitas saja, jadi bersepada pada minggu pagi bukan direncanakan tapi karena pada saat saya bersepeda saya menemukan beberapa orang dalam jumlah yang tidak begitu banyak, dari sinilah akhirnya kami mencoba untuk berkumpul dan menyepakati untuk bersama sama melakukan kegiata gerakan bersepada. Karena kegiatan minggu pagi terus menerus dilakukan hingga pada akhirnya beberapa teman yang awalnya sudah terlibat mengajak teman-temannya, hingga pada akhirnya komunitas ini menjadi banyak. Sekarang saja jumlah remaja yang ikut berjumlah 50 orang”.

Komunitas atau apalah namanya bagi mereka tidak penting yang penting adalah adanya kesadaran bagi remaja untuk mau melakukan kegiatan yang positif yaitu berolah raga dalam hal ini menggunakan media sepeda.

Tujuan yang ingin meraka capai ialah bagaimana mengatasi sifat gengsi bagi remaja yang sekarang ini diserang iklan terutama sekali iklan motor yang membanjiri setiap sudut yang ada dipikiran mereka, hingga sepeda tidak lagi dilirik. Hal ini dapat kita lihat begitu banyak remaja yang menggunakan sepeda motor ke sekolah sehingga setip sekolah mulai pusing memikirkan tempat parkir. Dengan bersepeda tentu sedikit tidak akan mengurangi kenakalan remaja ngebut-ngebutan di jalan raya juga gerakan penyepedaan ini akan mengurangi polusi udara sehingga pemanasan global dapat diatasi.

Kelompok gerakan bersepeda yang diketuai oleh I Made Dody Ardika ini rata-rata siswa SMP. Karena ia ingin menanamkan gerakan bersepeda sejak dini harus di tanamkan. Sehingga kedepannya dapat merubah paradikma anak seusia mereka untuk tidak gengsi menggunakan sepeda ke sekolah. Rama salah seorang remaja yang bersekolah di SMPN 3 Tanjung mengungkapkan bahwa ia sangat senang dengan kegiatan ini karena selain sehat juga manambah teman karena beberapa dari anggota yang lain bukan satu sekolah dengannya.

Harapannya supaya pemerintah melalui instansi pendidikan mau menghimbau supaya siswa hendaknya menggunakan sepeda kalau pergi kesekolah. (i2KLU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar