PENETAPAN AWAL 1 RAMADHAN MUSLIMIN DI KLU MENANTI HASIL ITSBAT PEMERINTAH



Tanjung-KLU (19/07/2012). Seperti halnya penetapan awal Ramadhan di tanah air telah terjadi juga perbedaan penetapan 1 Ramadhan di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Perbedaan tersebut terlihat dari adanya pelaksanaan shalat tarawih di beberapa masjid yang ada di KLU, walau sebagian besar masjid-masjid di KLU belum melaksanakan shalat tarawih hingga malam jumat. Kejadian ini memang tidak terjadi untuk pertama kali, namun sejauh itu juga perbedaan ini tidak menjadi permasalahan yang besar dikalangan umat islam.

Dari hasil pantauan tim kampong Media, memang banyak terlihat masyarakat dibeberapa masjid yang menunggu hasil itsbat dari pemerintah RI tentang penentuan atau penetapan tanggal 1 Ramadhan bahkan ada beberapa masjid yang menyiarkan secara langsung mengenai hal tersebut dengan menggunakan corong masjid, sehingga suaranya terdengar oleh jamaah yang ada di rumah. “Kami masih menunggu pengumuman dari pemerintah pusat mengenai penetapan 1 Ramadhan, kalau akhirnya ditetapkan pada hari sabtu, maka otomatis shalat tarawih tidak dilaksanakan pada malam jumat”, kata salah seorang Ta’mir Masjid Agung KLU.

Sementara itu dari hasil pantauan tim lapangan Kampung Media di Pasar Tanjung terlihat jumlah masyarakat yang berbelanja semakin ramai. Phenomena seperti itu memang selalu terjadi ketika menjelang hari-hari besar islam. “Persiapan untuk makan sahur dan berbuka harus yang bagus-bagus, apalagi untuk puasa hari pembukaan”, kata ibu Atun yang sempat diwawancarai. i2klu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar